Thursday, July 17, 2008

Syarat Menjadi Pengikut Yesus

Untuk masuk kepada sebuah komunitas tertentu sudah pasti ada syaratnya. Untuk menjadi warga negara Republik Indonesia juga ada persyaratannya. Demikian juga halnya, untuk menjadi warga negara kerajaan Allah juga ada persyaratannya. Sehubungan dengan hal tersebut, maka untuk tulisan kali ini, kami ingin menyampaikan persyaratan menjadi pengikut Yesus.
Dari Mat 10:34-42
1. Hidup Tanpa Kompromi
Alkitab mencatat ada 2 area dimana kita kita tidak bisa kompromi sebagai pengikut Kristus.
Adapun kedua area tersebut adalah :
  • Di dalam Rumah Tangga / keluarga : Kebenaran dan nilai Kerajaan Allah tidak bisa dikompromikan baik dalam keluarga sekalipun. Sehingga di dalam ayat 35 -36 berkata :
    Mat 10:35 Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, Mat 10:36 dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.: Artinya kebenaran tidak bisa dikompromikan baik terhadap keluarga sendiri sekalipun, namun jangan salah pengertian, saya tidak menginjinkan anda melakukan pemberontakan, yang saya maksudkan adalah anda harus memegang prinsip Kerajaan Allah. Anda bisa saja berbeda prinsip dengan anak sendiri, atau dengan orang tua, namun sebagai anak tetap hormat kepada orang tua atau orang tua tetap sayang kepada anak-anaknya.
  • Di dalam dunia : Seperti tertulis pada Mat 10 :34 :" "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang. Artinya nilai kebenaran Tuhan harus lebih dari segala kebenaran yang ada dalam dunia ini. Jangan takur berbeda prinsip dari orang-orang dunia ini, namun persahabatan tetap dijalin.

2. Rela Memikul Salib: Untuk bisa layak menjadi pengikut Kristus, kita harus rela

menanggung segala konsekuensi sebagai pengikut Kristus, seperti : rela menjadi tidak

populer, siap di bilang sok, siap dikucilkan, dan lain sebagainya. ( Mat 10:38).

3. Rela Kehilangan Nyawa : Yang dimaksudkan rela kehilangan nyawa disini adalah sebagai

pengikut Kristus siap untuk kehilangan harga diri, ambisi pribadi demi Kerajaan Allah. ( Mat

10:39).

No comments: