Sunday, August 3, 2008

Mengapa Harus Masuk Ke Dalam Hadirat Allah


Bacaan Mas 42 :1-12
Pendahuluan
Seekor rusa mempunyai dua alasan kenapa ia mencari air. Alasan pertama adalah untuk menyelamatkan diri dari kejaran musuh. Jika suatu ketika sang rusa mendapat mendapat kejaran musuh maka ia akan lari mencari sebuah sungai yang mengalir. Setelah ketemu,maka ia akan masuk ke dalam dan membenamkan diri di dalam air,maka bau rusa akan mengalir ke hilir dan akibatnya maka musuh akan mengejar ke arah hilir sungai. Sesekali rusa akan mengeluarkan kepalanya untuk melihat musuh, jika sudah aman maka ia akan pergi meninggalkan sungai. Alasan kedua : Rusa mencari sebuah sungai karena ia haus dan ingin memuaskan dan menghilangkan rasa haus.

Pemasmur, memberikan sebuah perbandingan tentang sebuah kerinduannya untuk bertemu dengan Allah sehingga ia menyatakan dalam Mas 42 :2 Seperti rusa merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwakumerindukan Engkau ya Allah." Daud menyadari betapa pentingnya berada dalam hadirat Allah untuk mengalami pemulihan , kelegaan dan pemuasan kerinduannya.

Daud adalah seorang raja, ketika ia dalam bahaya, ketika ia dalam tekanan, atau pergumulan lainnya, dia tidak mencari para tentaranya tetapi ia mencari Allah sebagai sumber kekuatannya. Bagaimanakah halnya dengan kita ?

Saya mau menyampaikan beberapa alasan kenapa kita perlu masuk dalam hadirat Allah :


  1. Ayat 4:" Air mataku menjadi makananku siang dan malam, karena sepanjang hari orang berkata :" Di mana Allahmu ?". Jadi dari ayat ini kita dapat ketahui bahwa alasan kita untuk masuk dalam hadirat Allah adalah untuk mendapatkan pembelaan dari Allah.
  2. Psa 42:5 Inilah yang hendak kuingat, sementara jiwaku gundah-gulana; bagaimana aku berjalan maju dalam kepadatan manusia, mendahului mereka melangkah ke rumah Allah dengan suara sorak-sorai dan nyanyian syukur, dalam keramaian orang-orang yang mengadakan perayaan. Dari ayat ini kita dapatkan bahwa ketika seseorang masuk dalam hadirat Allah, maka dia akan mendapat sukacita dan mudah menaikkan syukur kepada Allah.
  3. Psa 42 :6) Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku. Di dalam hadirat Allah kita menemukan ada pengaharapan. Ketika saudara seakan kehilangan pengharapan, maka masukkan dalam hadirat Allah, maka jiwa kita akan menemukan pengharapan dari Allah.
  4. Psa 42-9 TUHAN memerintahkan kasih setia-Nya pada siang hari, dan pada malam hari aku menyanyikan nyanyian, suatu doa kepada Allah kehidupanku. Ketika kita dalam hadiratNYA, maka tubuh,jiwa dan roh kita siap menerikan aliran berkat Tuhan. Jadi dalam hadiratNYA kita menemukan berkat Tuhan.
  5. Psa 63:9 Jiwaku melekat kepada-Mu, tangan kanan-Mu menopang aku. Dalam hadirat Allah kita menemukan topangan Tangan Allah, sehingga suatu ketika kita menghadapi persoalan kita tidak sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang kita.

Saudaraku,.. apapun persoalan anda dan apapun yang menjadi keinginan anda, ada suatu tempat yang pasti dimana kita bisa menemukannnya yaitu hadiratNYA. HadiratNYa bagi kita adalah sebuah Habitat bagi kita. Seekor ikan yang tadinya lemah karena diambil dan diletakkan di luar maka ia akan lemah dan akan mati karena ia tidak berada dalam habitatnya. Tapi begitu ia dimasukkan kembali ke dalam air, maka ia dipulihkan,dikuatkan, penuh sukacita. Demikian halnya dengan kita, ketika kita tidak punya waktu lagi untuk berada dalam hadiratNYA, maka cepat atau lambat kita akan menjadi lemah, tapi begitu kita masuk kembali ke dalam hadiratNYA, maka kita menemukan kembali kesegaran, kekuatan, pemulihan dan sukacita.

Saudaraku, mari... setiap hari luang waktu kita untuk masuk dalam hadiratNYA dengan memiliki waktu pribadi dengan Allah (WPDA), saya sangat peraya engkau akan mengalami berkat dan janji-janjaiNYa.

Selamat ber WPDA Tuhan Yesus memberkati

Oleh Bebas Pinem


No comments: